NYU Abu Dhabi : (Bukan) Sebuah Kegagalan -part 2-

“Wah, kakak juga apply ke NYU Abu Dhabi juga? Moga lolos ya”, kata saya

“Woaa kita samaan toh, Gil. Asyik ^_^”, katanya

Percakapan itu terjadi sekitar bulan Oktober 2013, saat saya masih sibuk mengurus acara SONLIS 2014. Saya tidak inget persis diksi dalam percakapan saya dengan dia pada saat itu, tapi kurang lebih seperti itu. Dia ini seorang kakak kelas di MAN Insan Cendekia Serpong, angkatan 17, akhwat, dan semenjak saya kelas 11 sering diskusi dengan beliau masalah application (application adalah semacam istilah untuk mendaftar ke kampus LN) ke NYU Abu Dhabi. Jelas beliau lebih faham, karena beliau sedang menjalankannya. Saya pun akan merasakan hal yang sama. walau tidak sekarang.

Singkat cerita, si kakak yang satu ini bilang bahwa status applicationnya belum jelas. Namun ia tidak mendapatkan undangan untuk menuju tahap ke 2 dari seleksi masuk mahasiswa baru yaitu Candidate Weekend.

Sebelum saya melanjutkan, ada baiknya saya bercerita tentang mekanisme seleksi mahasiwa di kampus ini.

TAHAP 1: SELEKSI BERKAS

Tahap ini mungkin yang paling mumet, karena ada sebejibun berkas, nilai dan dokumen yang harus kita siapkan. Mungkin teman-teman yang dapet undangan juga faham. Terutama temen-temen yang di ITB (Halooo Gantang, Ocid, Salman, Opi, Virdi, Qori, Nida, Dewi, Eja, Roja, Debby, Mirza, Turfa, Apin, Firza, Azzam, Hanif, Marie, Hikam, Afif, .Ian, Tamara), mereka tuh ga bisa diganggu banget deh pas udah mendekati daftar ulang tanggal 9 Juni lalu.

Oke, saya akan coba list satu satu:

1. Dokumen identitas :  standar sih, paling paspor, surat keterangan bahwa kita siswa IC dari Kepala Sekolah (terjemah bahasa inggris), dll

2. Nilai-Nilai : nilai rapor selama 5 semester (rapor ditranslate dalam bahasa inggris) dan nilai SAT. Sebenarnya kita bisa memakai nilai Ujian Nasional untuk menggantikan nilai SAT, namun berhubung deadline application adalah bulan Januari -dan UN baru dilaksanakan bulan April- maka SAT lah yang harus saya ambil. Nilai TOEFL atau IELTS tidak diwajibkan, tapi bisa memperkuat application anda.

3. Essai : Nah ini nih yang paling nguras energi. Kita diwajibkan menulis 2 buah essai. Dalam essai pertama intinya kita diminta untuk menjelaskan kelebihan diri kita atau mungkin menceritakan pengalaman pribadi yang memiliki signifikansi terhadap kepribadian anda. Pada essai pertama ini saya bercerita bagaiman kisah saya masuk ke jurusan IPS. Dalam essai kedua, kita diminta menjawab pertanyaan “What can NYU offer you, and what you can offer to NYUWoaa berat ini ._.

4. Surat rekomendasi : Kita wajib mendapat minimal 1 surat rekomendasi dari guru kita. Pada waktu itu saya mendapat 2 surat rekomendasi yaitu dari Ibu Rini Kristiani (Guru BK IC) dan Miss Kattie Schuff (Guru Bahasa Inggris dari AS, program AMINEF)

5. Dokumen-dokumen lain : Kita juga harus menyiapkan slip gaji orang tua, pengeluaran (sangat detail, bahkan ditanya pengeluaran buat makan, buat belanja, buat hiburan dan liburann!!), dokumen pajak, dll.

TAHAP 2: CANDIDATE WEEKEND

Jika berkas kita lolos, maka kita akan dikirimkan email untuk mengikuti tahap terakhir yaitu, Candidate Weekend. NYU Abu Dhabi memang unik. Kalau di tempat lain, biasanya kan setelah seleksi berkas maka akan diadakan seleksi tulis atau mungkin wawancara. Namun kampus ini mengundang para calon mahasiswa ke kampus NYU Abu Dhabi di Uni Emirat Arab GRATISSS!!! Mereka yang diundang akan menjalani seleksi Candidate Weekend yang berlangsung selama sekitar 3-4 hari

Apa saja sih isi Candidate Weekend?

Secara umum, sebenarnya lebih banyak soft event kaya diskusi, seminar dan simulasi kelas, jadi kita bisa merasakan menjadi mahasiswa NYUAD bahkan sebelum diterima! Kita juga akan diajak jalan-jalan ke gurun di Uni Emirat Arab, tur ke masjid, dan yang paling spesial adalah farewell dining di 2nd Most Expensive Hotel Bintang 7: The Emirates Palace!

Berikut adalah foto-foto Candidate Weekend dari seorang mahasiwa NYUAD bernama Koh Terai

Hotel tempat menginap selama Candidate Weekend
Hotel tempat menginap selama Candidate Weekend
Merchandise dari NYUAD
Merchandise dari NYUAD
Sesi simulasi kelas di kampus
Sesi simulasi kelas di kampus
Di NYUAD mahasiwa bisa ngeprint gratis sepuasnya.
Di NYUAD mahasiwa bisa ngeprint gratis sepuasnya.
Sesi diskusi. Keaktifan kita akan dinilai
Sesi diskusi. Keaktifan kita akan dinilai
Snack dan makanan gratis tersedia setiap saat. NYUAD tidak akan membiarkan kita lapar!
Snack dan makanan gratis tersedia setiap saat. NYUAD tidak akan membiarkan kita lapar!
Pelesir ke gurun sambil main sandboarding, semacam olahraga seluncur tapi di pasir.
Pelesir ke gurun sambil main sandboarding, semacam olahraga seluncur tapi di pasir.
Leisure time~
Leisure time~
Hari terakhir: Farewell Dining diHotel  Emirates Palace
Hari terakhir: Farewell Dining di Hotel Emirates Palace
ATM emas di Emirates Palace
ATM emas di Emirates Palace. The Hotel Management said, “whenever you see in the hotel something shiny like gold, it really is gold”
Bon Apetit! Kapan lagi bisa makan malam gratis di Emirates Palace?
Bon Apetit! Kapan lagi bisa makan malam gratis di Emirates Palace?

Bahkan saya sempet pernah mikir, “Gapapa deh saya ga jadi mahasiswa NYUAD, yang penting minimal lolos ampe Candidate Weekendnya aja ._.v”

Nah nanti setelah peserta Candidate Weekend selesai dari kegiatan ini, NYUAD akan melakukan penilaian hingga dipilih sekitar 100-200 mahasiwa terbaik dari seluruh dunia. Mahasiwa yang terpilih akan memulai kuliah sekitar bulan September.


“Gil, pokonya kamu harus jadi legacy aku. Aku yakin kamu pasti bisa masuk. Bawa mimpiku ini ke Abu Dhabi”, kata beliau

Kakak kelas yang satu ini tak hentinya menyemangati saya untuk bisa lolos NYUAD. Tibalah waktu ia di wisuda. Saat ia packing, ia menitipkan 2 buku untuk saya: buku latihan IETLS dan SAT. Pemberian buku-buku ini menjadi semacam sertijab. Sekarang, saya lah yang berada dalam posisi itu, posisi yang dulu ia pegang. Saya lah yang harus “memecahkan telur” itu. “Telur” yang belum pernah pecah bahkan selama 18 tahun sekolah ini berdiri. Sayalah yang harus menjadi siswa pertama MAN Insan Cendekia Serpong yang tembus NYU Abu Dhabi!

Leave a Reply

